Penyuluhan dan Senam Hamil Untuk Penanggulangan Nyeri Kehamilan di Desa Ciangsana Kabupaten Bogor

  • Dwi Agustina Politeknik Kesehatan Jakarta 3
  • Deiza Novamaria
  • Zahra Sativani
  • Deni Dwi Yulianti
  • Dea Etsu
  • Fahmi Nurqolbi
  • David Immanuel
Keywords: Kehamilan, Wanita Hamil, Nyeri Pinggang, Senam Hamil

Abstract

Latar Belakang: Kehamilan peristiwa yang biasa terjadi dalam kehidupan wanita yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupannya. Pada masa tersebut, perubahan- perubahan fisik berupa perubahan anatomi, fisiologi, biomekanik, kinesiologi, dan ergonomi menimbulkan masalah ketidaknyamanan yang berdampak pada perubahan dalam tubuh pusat massa, peningkatan tekanan pada organ vital, dan peningkatan berat badan. Perubahan ini juga menyebabkan nyeri punggung, nyeri panggul dan inkontinensia urin. Dengan memberikan penyuluhan serta latihan pada ibu hamil dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya melakukan aktifitas fisik selama masa kehamilan serta melakukan latihan mandiri sebagai tindakan promotif dan preventif untuk permasalahan ketidaknyamanan yang muncul saat kehamilan. Tujuan: Menangani nyeri pinggang dengan penyuluhan dan latihan senam hamil pada wanita hamil. Metode: Kegiatan pengabmas dilaksanakan tanggal 14 Maret 2022 s/d 1 April 2022 di Desa Ciangsana Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan pengukuran nyeri dengan VAS. Penanggulangan nyeri dilakukan dengan penyuluhan dan latihan senam hamil. Hasil: Sebagian besar (86,6%) ibu hamil memiliki keluhan kehamilan.  Sebelum diberikan penyuluhan dan latihan senam hamil, ibu hamil yang mengalami  nyeri sedang 73 %, nyeri berat 7%. Setelah diberikan penyuluhan dan latihan senam hamil, ibu hamil yang mengalami  nyeri sedang 53 %, dan tidak ada yang nyeri berat. Simpulan: Pemberian penyuluhan dan intervensi senam hamil dapat menurunkan nyeri pinggang.

 

Kata kunci : Kehamilan, Wanita Hamil, Nyeri Pinggang, Senam Hamil

Published
2023-01-04
How to Cite
Agustina, D., Novamaria, D., Sativani, Z., Yulianti, D. D., Etsu, D., Nurqolbi, F., & Immanuel, D. (2023). Penyuluhan dan Senam Hamil Untuk Penanggulangan Nyeri Kehamilan di Desa Ciangsana Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 18-26. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2022.136

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.