UPAYA PENYULUHAN KESEHATAN FISIOTERAPI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PENANGANAN OSTEOARTHRITIS PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA RW. 1 KELURAHAN LOWOKWARU KOTA MALANG

  • Nur Janah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sri Sunaringsih Ika Wardojo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Bonita Suharto Puskesmas Kendalsari Kota Malang
Keywords: Komunitas Fisioterapi, Peningkatan Pemahaman, Osteoarthritis Knee

Abstract

Oseteoarthris (OA), OA merupakan penyakit degeratif pada sendi, permasalahan yang terjadi pada OA berupa kerusakkan pada tulang kartilago/tulang rawan yang berada pada sendi lutut. Kerusakkan ini berkembang secara lambat dan progresif yang mana perlahan lahan akan memburuk. Maka dari itu Tingkat pemahaman mengenai penanganan pada penyakit OA knee perlu di tingkatkan, pemahaman yang perlu menjadi pusat perhatian yaitu mengetahui apa itu OA, apa tanda gejala yang dapat dirasakan, bagaimana pencegahan dan penanganan Fisioterapisnya. Metode yang digunakan pada penyuluhan ini dengan edukasi Fisioterapi berupa promosi kesehatan dan latihan yang dapat dilakukan secara mandiri menggunakan media leaflet guna untuk meningkatkan pngetahuan lansia mengenai OA. Kegiatan penyuluhan berjalan dengan baik dan lancar sehingga didapatkan hasil evaluasi peningkatan pengetahuan dari 0% hingga 100%. Kegiatan ini dapat peningkatkan pemahaman lansia tentang penanganan OA knee.

References

Adegoke, B. O., Sanya, A. O., Ogunlade, S. O., & Olagbegi, O. M. (2019). The effectiveness of open versus closed kinetic chain exercises on pain, function and range of motion in patients with knee osteoarthritis. Baltic Journal of Health and Physical Activity, 11(3), 39–52.
Akbar, F., Darmiati, D., Arfan, F., & Putri, A. A. Z. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia Di Kecamatan Wonomulyo. Jurnal Abdidas, 2(2), 392–397.
Anggoro, D. A., & Wulandari, I. D. (2019). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Osteoarthtritis Knee Billateral Dengan Modalitas Tens , Laser Dan Terapi Latihan Di Rsud Bendan Kota Pekalongan. Proceedings Of The Institution Of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Febrita, S., Utomo, P., Gimm, A., Siswandi, P., & Srianti, A. (2020). Kontribusi Kualitas Hidup Terhadap Successsfull Aging Lansia. Jurnal Keperawatan Aisyiyah, 7(1), 63–73.
Munzirin, R. M. (2020). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Penderita Osteoartritis Knee Dextra Di Rumah Sakit Rsj Prof. Dr. Soerojo Magelang. Research Of Service Administration …, 1(2), 7–13. 1
Published
2023-12-01
How to Cite
Janah, N., Ika Wardojo, S., & Suharto, B. (2023). UPAYA PENYULUHAN KESEHATAN FISIOTERAPI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PENANGANAN OSTEOARTHRITIS PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA RW. 1 KELURAHAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 2(2), 183-187. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2023.280

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.