EDUKASI DETEKSI DINI KEKERASAN DAN SOSIALISASI APLIKASI DETEKSI DINI KEKERASAN ANAK PADA GURU DAN SISWA JAKARTA TIMUR

  • Eviana Sumarti Tambunan Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  • Dina Carolina
  • Ratna Ningsih
  • Tri Sulastri
  • Yupi Supartini
Keywords: Edukasi; Deteksi didi; Kekerasan, Sosialisasi

Abstract

Di Indonesia, kekerasan pada remaja tetap menjadi fenomena yang dapat meyebabkan gangguan kesehatan mental anak. Payung hukum dan lembaga perlindungan yang menangani kekerasan anak di Indonesia belum mampu menekan angka korban kekerasan anak. Pada kenyataannya tidak cukup hanya komitmen pemerintah saja yang melakukan berbagai upaya perlindungan anak, masyarakat dapat berkontribusi aktif dimulai dari upaya pencegahan, peningkatan (promosi) dan pelaporan jika ada indikasi kejadian kekerasan pada anak, baik di tingkat keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat pada umumnya. Salah satu solusi adalah edukasi untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam melakukan deteksi dini kekerasan pada dirinya maupun oranglain. Selain pemberian edukasi dan pendampingan pada remaja, deteksi dini kekerasan juga dapat dinilai dari penggunaan aplikasi, yaitu Aplikasi Denican, yang merupakan produk hasil penelitian. Mitra merupakan guru dan siswa di SMPN 208 Jakarta dan SMPN 6 Bekasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan kemampuan siswa SMP di wilayah Jakarta Timur dalam mendeteksi adanya kekerasan pada dirinya  dengan menggunakan aplikasi Denican. Kegiatan yang dilakukan adalah 1).Pembuatan video penggunaan Aplikasi Denican, 2). Sosialisasi Aplikasi Denican pada guru-guru sekolah, 3). Pemberian edukasi tentang deteksi dini kekerasan pada remaja, dan 4). Pendampingan cara menggunakan aplikasi Denican untuk siswa. Target dan luaran adalah 1). Publikasi artikel, 2). Video Aplikasi Denican, dan 3). Mempersiapkan pembentukan fasilitator siswa untuk mendeteksi kekerasan. Perubahan yang terjadi setelah dilakukan pelatihan pada siswa adalah peningkatan pengetahuan dan sikap dengan nilai rata-rata 16,29 (pre test 15,53), hasil uji statistik didapatkan nilai 0,001 maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan nilai pengetahuan sebelum dan setelah pelatihan. Sebanyak 60% siswa mengalami perbaikan sikap, namun sekitar 40% siswa masih cenderung bersikap statis. Keterlibatan mitra dalam hal ini sekolah memiliki peran penting untuk melakukan intervensi tingkat masyarakat meliputi program integrasi penerimaan teman sebaya untuk siswa dan modifikasi dalam lingkungan fisik sekolah.

References

Dewi, N. S., Arisanti, N., & Rusmil, V. K. (2016). Deteksi dini pengalaman kekerasan pada anak di tingkat keluarga di Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan (JSK), 2(3), 123–129.
ECPAT Indonesia. (2016). Global Study On Sexual Exploitation of children in travel and tourism: Country specific report Indonesia. Indonesia.
Ehiri, J. E., Hitchcock, L. I., Ejere, H. O. D., & Mytton, J. A. (2017). Primary prevention interventions for reducing school violence. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2017(3), 1–13. https://doi.org/10.1002/14651858.CD006347.pub2
Fataruba., Purwatiningsih S., W. Y. (2009). Hubungan pola asuh dengan kejadian kekerasan. Kes Mas, 3(3), 162–323.
Ferreira, R. C., Frota, M. A., de Vasconcelos Filho, J. E., Bastos, A. P. F., Luna, G. L. M., & Rolim, K. M. C. (2020). Comparison of Features of a Mobile Application to Report School Violence Through Benchmarking. Journal of School Health, 90(4), 295–300. https://doi.org/10.1111/josh.12876
Hidayah, A. N., Maulana, F. S., Surya, F., & Hartono, R. W. T. (2021). e-Prevent: Stop Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 862–867).
Hillis, S., Mercy, J., Amobi, A., & Kress, H. (2016). Global prevalence of past-year violence against children : A systematic review and minimum estimates. Pediatrics, 137(3), 1–15.
Hokoda, A., Martin, M. A., & Ulloa, E. C. (2012). Age and gender differences in teen relationship violence. J Aggress Maltreat Trauma, 21(3), 351–364. https://doi.org/10.1080/10926771.2012.659799.Age
Ibabe, I. (2019). Adolescent-to-parent violence and family environment: The perceptions of same reality? International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(12). https://doi.org/10.3390/ijerph16122215
InfoDatin Kemenkes. (2018). Kekerasan terhadap anak dan remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Işıktekin Atalay, B. (2017). Violence and related factors among high school students in semirural areas of Eskisehir. Northern Clinics of Istanbul, 5(2), 125–131. https://doi.org/10.14744/nci.2017.91259
Kim, H., Han, Y., Song, J., & Song, T. M. (2019). Application of social big data to identify trends of school bullying forms in south korea. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(14). https://doi.org/10.3390/ijerph16142596
Unicef. (2015). Legal Protection from Violence. UNICEF East Asia and Pacific Regional Office (EAPRO).
Walton, M. A., Chermack, S. T., Shope, J. T., Bingham, C. R., Zimmerman, M. A., Blow, F. C., & Cunningham, R. M. (2014). Effects of a brief intervention for reducing violence and alcohol misuse among adolescents: A Randomized Controlled Trial. JAMA : The Journal of the American Medical Association, 304(5), 527–535.
Published
2023-12-01
How to Cite
Tambunan, E. S., Carolina, D., Ningsih, R., Sulastri, T., & Supartini, Y. (2023). EDUKASI DETEKSI DINI KEKERASAN DAN SOSIALISASI APLIKASI DETEKSI DINI KEKERASAN ANAK PADA GURU DAN SISWA JAKARTA TIMUR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 2(2), 128-135. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2023.264

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.