PEMERIKSAAN KADAR GULA DARAH DAN ASAM URAT REMAJA DI DESA TOHUDAN, COLOMADU, KARANGANYAR

  • Mei Kusumaningtyas
  • Herdianty K Handari
Keywords: gula darah, asam urat, remaja

Abstract

Latar belakang: Upaya preventif dalam bidang kesehatan merupakan hal yang penting untuk mencegah terjadinya suatu penyakit pada masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan skrining pemeriksaan kadar gula dan asam urat. Dua kondisi tersebut sangat familiar di kalangan masyarakat, sehingga perlu dilakukan pengukuran tidak hanya pada dewasa atau lansia, namun lebih dini juga dapat dilakukan pada remaja. Tujuan: meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang kadar gula darah dan asam urat remaja di Desa Tohudan, Colomadu, Karanganyar. Metode: pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan cara memeriksaan gula darah dan asam urat menggunakan alat easy Touch. Hasil: Terdapat 25 remaja yang melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan asam urat. Rata-rata kadar asam urat remaja adalah 96 mg/dl dan semuanya masuk kategori normal. Di sisi lain, rata-rata kadar asam urat adalah 5,6 mg/dl, namun terdapat remaja dengan kategori tidak normal, yaitu 4 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Diskusi: Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa remaja mengetahui kadar glukosa darah dan asam urat. Diharapkan dengan hal tersebut remaja menyadari perlunya untuk tetap menjaga maupun memperbaiki pola hidup agar lebih sehat.

References

Angriani, E., Dewi, A. P., & Novayelinda, R. (2018). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Gout Arthritis Masyarakat Melayu. JOM FKp, 5(2), 683–692.
Hidayat, R. (2022, August 30). Penyakit Asam Urat : Apakah berbahaya? Kementerian Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan.
International Diabetes Federation. (2021). IDF Diabetes Atlas 10th edition (10th ed.). www.diabetesatlas.org
Madyaningrum, E., Kusumaningrum, F., Ratri Kusuma Wardani, M., Annisa Ryan Susilaningrum, Sg., Anisah Ramadhani, N., Kedokteran, F., & Masyarakat dan Keperawatan, K. (2020). Buku Saku Kader Pengontrolan Asam Urat Di Masyarakat (1st ed.). FK-KMK UGM.
Matialu, I. G. V, Tiho, M., & Assa, Y. A. (2018). Gambaran Kadar Asam Urat Serum pada Remaja dengan Overweight dan Obesitas. Jurnal E-Biomedik (EBM), 6(1), 69–72.
Nugroho, R. B. (2019). Pemeriksaan dan Penyuluhan Glukosa Darah dan Asam Urat Pada Lansia di RW 22 Kelurahan Nusukan Kecamatann Banjarsari Kota Surakarta. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi UM Jember, 3(1), 58–68.
Perhimpunan Reumatologi Indonesia. (2018). Pedoman Diagnosis dan Pengelolaan Gout. Perhimpunan Reumatologi Indonesia.
Putra, N. D. (2015). Studi Tentang Pelayanan Kesehatan Preventif di Puskesmas Sei Merdeka Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(4), 1581–1592.
So, A., & Thorens, B. (2010). Uric acid transport and disease. Journal of Clinical Investigation, 120(6), 1791–1799. https://doi.org/10.1172/JCI42344
Widyana, A. R., & Afriansyah, M. A. (2022). Penyuluhan dan Pemeriksaan Kadar HbA1c pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di RSUD Suradadi. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 6–9. https://jurnalnew.unimus.ac.id/index.php/jipmi
Published
2023-06-13
How to Cite
Kusumaningtyas, M., & Handari, H. (2023). PEMERIKSAAN KADAR GULA DARAH DAN ASAM URAT REMAJA DI DESA TOHUDAN, COLOMADU, KARANGANYAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 2(01), 25-31. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2023.193

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.