PENGUATAN PERAN REMAJA DALAM DIGITALISASI PROMOSI ZERO PLASTIK
Abstract
Sampah plastik menjadi ancaman nyata bagi lingkungan. Inisiatif zero plastik untuk mendorong pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Remaja, sebagai kelompok digital native, memiliki potensi besar dalam menyuarakan kampanye peduli lingkungan dengan berbagai penggunaan media digital yang dimilikinya. tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan edukasi pada siswa SMAN 4 Depok sebagai penguatan peran remaja dalam digitalisasi promosi zero plastik. Metode pelaksanaan yang telah dilakukan dalam kegiatan pendampingan ini dengan 2 tahap yaitu tahap penguatan berupa edukasi peran remaja dalam digitalisasi promosi zero plastik dan tahap evaluasi jalannya kegiatan penguatan peran remaja dalam digitalisasi promosi Zero Plastik, hasil partisipasi siswa dalam kegiatan digitalisasi promosi Zero Plastik siswa sangat antusias dengan tanya jawab yang interaktif sebanyak 88% dari 42 siswa yang bertanya.
References
KLHK. (2022). Data dan Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Tahun 2022. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia
Putri, R. A., & Wibowo, A. (2021). Peran Media Sosial dalam Kampanye Lingkungan Hidup di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi dan Sosial, 9(1), 33–45.
UNEP (United Nations Environment Programme). (2021). From Pollution to Solution: A Global Assessment of Marine Litter and Plastic Pollution. Nairobi: United Nations.
WHO (World Health Organization). (2019). Microplastics in Drinking Water. Retrieved from https://www.who.int/news-room/detail/22-08-2019.