OPTIMALISASI BINA KELUARGA REMAJA SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN CALON IBU SEHAT PADA REMAJA PUTRI

OPTIMALISASI BINA KELUARGA REMAJA SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN CALON IBU SEHAT PADA REMAJA PUTRI

  • Junengsih junengsih Poltekkes Kemenkes Jakarta 3
  • Erika Yulita Ichwan Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  • Hetty Astri Poltekkes Kemenkes Jakarta III
Keywords: Edukasi, Bina Keluarga Remaja, Persiapan Calon Ibu Sehat

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan (transisi) dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini terjadi perubahan besar dan cepat pada proses pertumbuhan fisik, kognitif dan psikososial serta sering menghadapi permasalahan yang sangat kompleks untuk dapat ditanggulangi sendiri. Keluarga merupakan basis pendidikan pertama bagi anak, guna menciptakan kondisi psikologi dan kognisi yang berkualitas. Pandemi COVID-19 telah berdampak pada sebagian besar aktivitas masyarakat termasuk pada kelompok terkecil yaitu keluarga dan anak. salah satu tingkatan keluarga yang rentan terhadap permasalahan adalah keluarga remaja. Periode transisi ini merupakan periode kritis tapi strategis untuk tepat dibina dan diarahkan.

Indonesia telah mengalami pandemi covid-19 sejak Maret 2020. Kondisi ini menjadikan kita kesulitan untuk memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat. Adanya pembatasan sosial di masyarakat menjadikan kita harus melakukan inovasi dalam pengabdian masyarakat  untuk meningkatkan ketahanan dan pemberdayaan keluarga. Kegiatan ini dilalukan untuk memberikan edukasi persiapan menjadi calon ibu sehat melalui revitalisasi Bina Keluarga Remaja (BKR). Kegiatan dilakukan dimulai dengan sosialisasi, komitmen bersama, penguatan kapasitas kader dan remaja serta edukasi kepada orang tua. Terdapat peningkatan pengetahuan pada kader, remaja dan orang tua setelah kegiatan pengabmas berlangsung.

Published
2022-07-07
How to Cite
junengsih, J., Ichwan, E., & Astri, H. (2022). OPTIMALISASI BINA KELUARGA REMAJA SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN CALON IBU SEHAT PADA REMAJA PUTRI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2022.71

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.