Pendampingan Siswa dalam Penerapan Zero Plastik melalui Pengenalan dan Bahayanya bagi Kesehatan dan Lingkungan di SMAN 4 Depok
Abstract
Selain berdampak pada lingkungan, plastik juga memiliki efek langsung pada kesehatan manusia. Banyak produk plastik mengandung senyawa kimia yang dapat larut dalam makanan atau minuman yang disimpan dalam wadah plastik. Paparan jangka Panjang dapat menyebabkan permasalahan Kesehatan yang serius, tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pendampingan pada siswa SMAN 4 Depok dalam menerapkan zero plastik melalui pengenalan dan bahayanya. Metode pelaksanaan yang telah dilakukan dalam Kegiatan pendampingan ini dengan 4 tahap yaitu tahap pemberian pretest, tahapan pemberian edukasi penerapan zero plastik, tahapan pemberian posttest dan terakhir tahapan evaluasi kegiatan pendampingan penerapan zero plastik. Pada hasil test terjadi peningkatan yang signifikan pengetahuan mengenai penerapan zero plastik hasil pretest didapatkan sebagian besar berpengetahuan baik yaitu 26 responden (61,9%) dan hasil posttest sebagian besar berpengetahuan baik yaitu 37 responden (88,1%).
References
Geyer, R., Jambeck, J. R., & Law, K. L. (2017). Production, Use, and Fate of All Plastics Ever Made. Science Advances, 3(7), e1700782.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2020). Laporan Pengelolaan Sampah Nasional.
Lestari, P. & Trihadiningrum, Y. (2019). Impacts of Plastic Waste on the Environment: A Systematic Literature Review. Journal of Environmental Science and Technology.
Permana, A. S., & Santoso, H. (2021). "Efektivitas Edukasi Bahaya Plastik Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 12(1), 45-55. Artikel ini relevan dengan topik pengaruh edukasi pada siswa.
United Nations Environment Kegiatanme (UNEP). (2020). Plastics and Environmental Sustainability: Facts and Figures.
World Health Organization (WHO). (2019). Microplastics in Drinking Water.