Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan Pendewasaan Usia Perkawinan Pada Remaja Di Wilayah Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo

  • Raudhatul Munawarah Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  • Junengsih Junengsih
  • Rosita Syaripah
  • Endah Dian Marlina
Keywords: Remaja, Perkawinan, Pendewasaan

Abstract

Pendewasaan usia perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama yaitu usia minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi lakilaki, dimana pada batasan usia ini dianggap sudah siap menghadapi kehidupan keluarga dari sisi kesehatan dan perkembangan emosional. Pengabdian ini dilakukan pada 150 remaja di Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo. Hasil pemeriksaan, 48% peserta memiliki status gizi gemuk dengan nilai BMI lebih dari 25,1, 31% memiliki status gizi normal, dan 21% memiliki status gizi dengan kategori kurus. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini ialah adanya kesadaran remaja akan pentingnya pendewasaan usia perkawinan, sehingga para remaja dapat mengambil sikap dalam memutuskan untuk ke jenjang pernikahan. Harapannya agar tertanam dalam jiwa remaja untuk tidak menikah diusia muda.

References

Cenia, A. V. (2017). PERSEPSI USIA MENIKAH IDEAL DENGAN JUMLAH ANAK YANG DIINGINKAN PADA REMAJA.

Finaka, A. W. (2024). Obesitas Ancam Remaja. https://indonesiabaik.id/infografis/obesitas-ancam-remaja

Kartikawati, R. (2014). Dampak Perkawinan Anak di Indonesia. 3(1), 1–16.

Mulyati, I., Cahyati, A., Bhakti, U., & Bandung, K. (2020). DENGAN MENGGUNAKAN PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA. 1(2), 80–95.

Putri, Intan Mutiara, L. R. (2019). PENINGKATAN PENGETAHUAN PROGRAM PENDEWASAAN USIA INCREASED KNOWLEDGE OF MARRIAGE AGE MATURITY PROGRAM IN ‘ A NGKATAN MUDA SALAKAN ’ YOUTH ASSOCIATION AT BANTUL Prodi Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘ Aisyiyah Yogyakarta Prodi Kebidanan P. 1(1), 5–11.

UNICEF. (2020). Pencegahan Perkawinan Anak.
Published
2024-06-07
How to Cite
Munawarah, R., Junengsih, J., Syaripah, R., & Marlina, E. (2024). Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan Pendewasaan Usia Perkawinan Pada Remaja Di Wilayah Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 3(01), 173-176. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2024.337

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.